skip to Main Content
021-7721 8118 info@zamzamsyifa.com 0857 7003 5015 / 0821 1543 1697 / 0878 2830 5972
Muslim Visioner By: K.H Abdullah Muadz

Muslim Visioner by: K.H Abdullah Muadz

Muslim Visioner
Visi adalah tujuan atau gambaran masa depan yang akan kita raih dalam waktu telah ditentukan, sudah tersusun dalam bentuk kalimat baku. Sedangkan Misi adalah apa yang kita lakukan untuk mencapai visi tersebut.
Muslim Visioner adalah Muslim yang mempunyai pandangan kedepan yang jelas, mempunyai mimpi-mimpi masa dapan yang kongkrit. Muslim Visioner sangat cerdas dalam memprediksi kejadian di masa yang akan datang dan dapat menggambarkan tujuan, sasaran dan target-target dalam hidupnya dengan jelas.
Muslim visioner memiliki ciri-ciri yang menggambarkan segala sikap dan perilakunya yang menunjukkan kemampuannya yang berorientasi kepada pencapaian visi misi dijelaskan dalam tujuan dan sarannya.
Karekter Muslim Visioner
1. Berwawasan ke masa depan : Muslim visoner mempunyai pandangan yang jelas terhadap suatu yang ingin di capai, serta pandai dalam memprediksi masa depan sekaligus langkah-langkah dan tahapan dalam pencapaian tujuannya.
2. Mampu merumuskan gambaran masa depan yang jelas, inspirasional dan menggugah. Mampu memberi gambaran jelas bagaimana mengelola ‘mimpi’ menjadi kenyataan.
3. Mampu mengubah visi ke dalam aksi : Dia dapat merumuskan visi kedalam misinya, selanjutnya di jabarkan dalam program strategis, road map, target jangka panjang dan jangka pendek, sampai kepada langkah-langkah harian yang harus dilakukan, terwujud dalam sebuah agenda hariannya.
4. Program sedemikian rinci dan jelasnya, akan terlihat sekian banyak program aktifitas yang dibuatnya, sehingga menjadi sebuah kaidah bahwa kewajiban jauh lebih banyak dari pada waktu yang tersedia. Sehingga Dia tidak mau kecolongan waktu sedetik sekalipun.
5. Sedemikian padatnya agenda maka harus memiliki daftar sekala prioritas program dan pekerjaan, agar bisa diselesaikan dengan baik dan berkualitas. Jadi ada urut-urutan pekerjaan mana yang didahulukan, mana yang ditunda dan mana yang belakangan.
6. Tidak sempat lagi meluangkan waktu khusus untuk sekedar hiburan atau permainan, karena semuanya sudah menyatu dengan langkah dan aktifitas hariannya. Jadi tilawah, Qiyamullail, zikir itu menjadi hiburan dan refreshingnya. Pekerjaan hari hari menjadi hobbinya. Target demi target menjadi fokus konsentrasi hariannya.
7. Sangat sensitif dengan si “Pencuri Waktu” karena dia tidak mau kecolongan walau satu detik. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Tidak ada satu detik yang lepas kontrol. Capaian target dihitung detik demi detik. Kehilangan satu detik berarti kemuduran target sedetik.
8. Hidup penuh kalkulasi, untung rugi, mudharat manfaat, dosa dan pahala, murahan atau berharga, artifisial atau substansial, ecek-ecek atau hal penting, sampah atau barokah, karena memang hidup bukan spekulasi, sekali gagal tidak bisa diulang. Satu detik berlalu tidak bisa kembali
9. Berani bertindak dalam meraih tujuan, target dan sasaran, penuh percaya diri, tidak peragu dan selalu siap menghadapi resiko apapun yang menghadang didepan.
10. Muslim visioner juga menunjukkan perhitungan yang cermat, teliti dan akurat. Dalam memperhitungkan kejadian dan aktifitas yang di anggapnya penting. Sehinngga dia sangat pandai memprediksi dan mengantisipasi., sangat diperlukan dalam pertahanan hidup.
11. Mampu menggerakan fikiran, perasaan dan seluruh anggota tubuhnya untuk kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dalam menggapai tujuan. Sehingga dengan mudahnya dia mampu menahan aktifitas murahan yang tidak sejalan dengan tujuan dan cita-citanya.
12. Mampu bertahan terhadap segala macam bujukan, rayuan, godaan, tipuan, jebakan yang dapat menjerumuskannya dari segala perbuatan yang murahan, membuang waktu, sia-sia apalagi mengandung dosa.
13. Pandai memotivasi diri sendiri dan orang lain, karena visi dan misi yang dibangun senantiasa menjadi sumber inspirasi dan motivasinya, juga menjadi penentu arah orientasinya. Ketika visi misi sudah tertancap dalam jiwa maka akan menjadi bahan bakar abadi sampai akhir hayatnya.
14. Innovative : muslim vioner sangatlah kreatif dia mengubah berfikir konvesiomal menjadi paradigma baru. Sanggup memecah kebekuan, tidak mau ikut-ikutan. Dia akan bingung peringat HUT 17 agustus sudah 72 tahun merdeka tapi lombanya masih makan kerupuk, balap karung, gigit duit semangka dll, tapi anehnya masih terus teriak revolusi mental….???
15. Proaktif : Muslim visioner tidak akan mudah reaktif, kareana sudah punya rencana strategis, road map sampai kepada agenda hariannya. Sehingga dia tidak mudah terpancing oleh berbagai ajakan dan tarikan yang tidak jelas tujuannya. Dia tidak mau berjoget ditengah gendangan orang lain. Sebaliknya dialah yang akan menabuh gendang agar orang lain joget bersamanya.
16. Berpegang erat kepada nilai-niliai spiritual yang diykininya : Muslim visioner sangatlah kuat berpegang terhadap apa yang diyakini. Karena keyakinan itu menjadi energi yang paling besar dalam mengobarkan semangat perjuangannya.
17. Mempunyai komitmen kuat terhadap visi misi yang diembannya, karena dengan berpegang pada visi misi perjalanan hidup ini menjadi jelas, Kemana arah dituju, bagaimana cara menuju arah tersebut, strategi apa yang digunakan, kapan target waktunya, sarana apa yang dibutuhkan, berapa sumberdaya yang dibutuhkan danseterusnya.

Zamzam Syifa Boarding School

Sekolah bilingual berasrama yang mengembangkan model pendidikan terintegrasi yang memadukan pengembangan akhlak, ilmu pengetahuan, karakter, dan potensi diri dengan mengusung nilai-nilai islami dan berwawasan global.

Selain pengetahuan umum, sekolah ini juga mengajarkan secara intensif pendidikan agama, pemahaman Al-Qur’an, bahasa Arab dan bahasa Inggris yang menjadi bahasa sehari-hari siswa disamping Bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top