skip to Main Content
021-7721 8118 info@zamzamsyifa.com 0857 7003 5015 / 0821 1543 1697 / 0878 2830 5972
Menumbuhkan Sifat Entrepreneur Pada Anak

Menumbuhkan Sifat Entrepreneur pada Anak

Menumbuhkan sifat wirausaha bukanlah suatu hal yang instan, perlu dilatih sejak dini sehingga kelak anak siap dan memiliki mental wirausaha. Taukah Ayah Bunda bahwa ada beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan sifat wirausaha tersebut, diantaranya:

  1. Tumbuhkan sifat percaya diri dalam diri anak. Ajak anak untuk berinteraksi dengan orang lain dan lebih percaya diri.
  2. Mintalah untuk membuat target/ tujuan. Ajak anak untuk membuat target agar anak memnjadi lebih fokus dan terencana, serta ajarkan pula untuk membuat beberapa rencana agar anak memiliki beberapa pilihan untuk mengejar apa yang ia inginkan.
  3. Tingkatkan proktifitas anak. Beri pengertian pada anak bahwa proses produktiflah yang terpenting dalam setiap kegiatnnya. Karena proses tidak pernah menghianati hasil. Pancing anak untuk terus berusaha dan tidak takut gagal, agar ia belajar dari kesalahan dan kegagalannya.
  4. Perluas pengetahuan agar jeli. Memiliki banyak pengetahuan penting untuk memperluas pola pikirnya. Anak yang terbiasa menerima banyak informasi akan semakin peka terhadap sekitar sehingga peka terhadap peluang.
  5. Ajak anak untuk berpendapat dan mengambil keputusan. Ajarkan anak untuk mengenal pilihan dalam hidup, beri masukan serta pandangan dan resiko positif maupun negatif dari pilihan yang nantinya akan ia pilih. Libatkan juga untuk berpendapat terhadap sesuatu. Biarkan anak belajar mengkomunikasikan apa yang ia pikirkan.
  6. Tanamkan sifat mandiri dan leadership. Orang yang sukses adalah orang yang mandiri tidak bergantung pada orang lain, melainkan berusaha bekerjasama dengan orang lain. Anak yang mandiri akan lebih percaya diri baik didalam maupun diluar rumah. Leaderhip disini bukan memerintah melainkan memberi contoh. Tanamkan bahwa contoh baik akan membuat orang lain mengikuti kebaikan tersebut.
  7. Ajarkan untuk selalu bermanfaat kepada orang lain. Biasakan anak untuk ikhlas saling menolong dan bermanfaat bagi sesama serta menjadi sosok yang menjadi problem solving bagi sekitarnya. Mencoba membantu dengan tidak menganggap masalah sebagai beban melainkan sebuah tantangan bersama.
  8. Miliki kamar inspirasi. Para wirausaha selalu mempunyai ide ide terbaik yang didapatkan dari berfikir kreatif. Buatlah sebuah ruangan bermain atau lingkungan khusus yang penuh dengan hala yang dapat meningkatkat kreatifitas anak. Jika anak mulai merasa bosan, ajaklah anak untuk memikirkan cara mengurangi kebosanannya dengan tujuan memecahkan masalah mereka sendiri dan memiliki inisiatif serta kreatifitas yang tinggi.

Prinsip diatas jika diterapkan pada anak sejak dini, insyaAllah akan membentuk anak menjadi pribadi yang tanggu dan menjadi pemantik jiwa wirausahanya. Anak lenih lebih percaya diri dan terbuka serta siap bersosialisi dengan sekitarnya.

Zamzam Syifa boarding School siap membantu Ayah Bunda untuk membimbing anak menjadi seorang wirausaha yang mandiri dan lebih siap untuk menaklukkan tantangan untuk meraih impianya.

 

Cr: Berbagai Sumber

Zamzam Syifa Boarding School

Sekolah bilingual berasrama yang mengembangkan model pendidikan terintegrasi yang memadukan pengembangan akhlak, ilmu pengetahuan, karakter, dan potensi diri dengan mengusung nilai-nilai islami dan berwawasan global.

Selain pengetahuan umum, sekolah ini juga mengajarkan secara intensif pendidikan agama, pemahaman Al-Qur’an, bahasa Arab dan bahasa Inggris yang menjadi bahasa sehari-hari siswa disamping Bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top